tips forex trading


forex trading adalah sebuah aktifitas perdagangan berdasarkan harga valas secara live, apakah anda sudah pernah memainkan permainan  hidup dan mati ini, jika anda belum dan anda ingin memuluainya silahkan baca artikel ini sampai selesai dahulu, tetapi jika anda memang tidak berniat silahkan pergi sana,,,

tenang tenang saya hanya bercanda :-) ,

didalam forex trading sangat mudah sekali mendapatkan uang atau bisa disebut profit bahkan dalam hitungan detik anda mungkin mendapakan ratusan ribu, tetapi juga sebaliknya didalam forex juga dapat rugi atau kehilangan ratusan ribu dalam beberapa detik saja, pengalaman saya suatu hari saya pernah melakukan open posisi pada mata uang EUR/USD saya melakukan open posisi dalam beberapa detik saya kehilangan 2,5% dari uang yang saya transaksikan, tetapi saya juga pernah dalam kurang dari 5 menit mendapatkan keuntungan kurang lebih 4% dari uang yang saya transaksikan, dengan begitu permainan ini disebut permainan hidup dan mati . didalam permainan ini bukan strategi yang menjadi penentu kemenangan trading , coba lihat komposisi dibawah ini menurut para ahli (bukan menurut saya)  :

Psikologi 40 % menentukan kemenangan
methode 20 % menentukan kemenangan
Money management 40% menentukan kemenangan

komposisi diatas adalahh menurut para ahli , tetapi menurut saya :
Psikologi 30% menentukan kemenangan
methode 40% menentukan kemenangan
money management 30% menentukan kemenangan

kenapa saya mengubah methode menjadi 40% karena jika anda mempunyai mindset dan mangement uang yang sangat baik namun strategi terlalu buruk itu hanya akan mengakibatkan stoploss terus menerus.jadi  menurut saya strategi/methode itu tidak kalah penting, misalkan saja perang menggunakan prajurit yang sangat banyak ( Saldo yg banyak), dia mampu memilih titik dimana pasukan akan dikirim ( mampu memilih pair yg berpeluang untung  ) dan namun komandan tidak tahu apa yang harus dilakukan ditempat itu di titik yang telah ditentukan tadi atau bisa dikatakan asal menyerang (asal open posisi) tidak tahu bagaimana kondisi sekitar , maka kemungkinan besar dapat menyebapkan kondisi yang fataL, begitulah sekiranya pentingnya strategi, dibawah ini beberapa tips strategi :
Gunakan Indikator dengan bijak sebagai pendukung strategi dalam Forex
sering baca berita fundamental / kalender ekonomi

didalam merancang strategi anda harus mampus membuat strategi dimana anda harus open posisi dan close posisi yang ditentukan strategi anda atau manual dengan featture softwarenya , menurut para top trader close posisi maksimum 3% dari balance tidak lebih dari itu untuk menghindari kerugian yang besar saat anda mengalami kemungkinan perdagan terburuk, ini adalah salah satu bagian dari Money management,

misal :

balance 10$
open posisi 'MasterForex-Micro' EUR/USD >> 0.10 lot (1$)  karena 1pips = 0.01$ maka saya memasang stop-loss 30pips

30pips --> 0.30$ adalah 3% dari 10$

       tetapi untuk trading plan saya , untuk melakukan open/closing posisi saya melakukan berdasarkan strategi indikator karena lebih cepat dan minimal sekali kerugianya terkadang 1 - 2% tetapi kemarin sebelum menulis atikel ini sempat loss 4% disebabkan salah tulis angka ,astaga... human error , padahal biasanya tidak sampai 3%,
       untuk faktor mindset bagian ini kadang orang sulit merubahnya dulu saya ketika 1 bulan pertama bermain forex saya tidak pernah memasang stop loss namun memasang stop profitnya dan ini lumayan sukses menjadi 9 $ dari 5$ tapi 3 minggu kemudian 9$ loss :-) . hehehe... saya berpikir pasti nanti nanti nanti nanti juga untung ,,,, ternyata wow...!! istimewa loss dan lama kelamaan saya sudah mengubah kebiasaan tersebut setelah saya tahu pentingnya stop loss.

jika anda sedang benar benar berniat memulai sebaiknya :

  • gunakan akun trading DEMO untuk melakukan simulasi dan mengetahui feature software
  • trading diwaktu pasar open lebih sedikit signal Palsu
  • trading di pair yang low spread, biasanya pair Major
  • selalu belajar jangan ngawur atau over trading
  • pasang stop loss dan take profit 
  • jangan open posisi dengan semua balance (kayak main poker)
  • Disiplin Disiplin Disiplin dan teruslah belajar
  • sejarah trading penulis dan teman penulis :
  • trading diawali dengan demo akun hanya sekitar 2 minggu
  • trading open posisi di waktu pasar buka
  • langsung Live skala kecil 5 - 10$ karena jika sering menggunakan demo tidak memancing untuk berpikir lebih keras dan tidak mampu memperbaiki psikologi trading .
  • dengan live akun kita benar-benar mengingat kesalahan yang telah dilakukan

Ini yang terahir dari penulis .. :
BAGAIMANA MENURUT ANDA ?
APAKAH ANDA INGIN BERMAIN ?
APAKAH ANDA BERANI  ?
 JADI ?

# Ingat beberapa organisasi melakukana survey hanya 5% dari 95% pemula yang akan bertahan dan tumbuh # berkembang dalam forex trading

Koment disini

Lebih baru Lebih lama